Dalam Sejarah Indonesia Kita Mengenal Pembabakan Zaman Praaksara,zaman Hindu Budha Dan Zaman Islam.pengelompokkan Atau Pembabakan Peristiwa-peristiwa Masa Lampau Yang Sangat Panjang Menjadi Beberapa Zaman Disebut​

Dalam sejarah indonesia kita mengenal pembabakan zaman praaksara,zaman hindu budha dan zaman islam.pengelompokkan atau pembabakan peristiwa-peristiwa masa lampau yang sangat panjang menjadi beberapa zaman disebut​

Pembahasan: Periodisasi atau pembabakan adalah proses untuk melakukan penggolongan peristiwa dan waktu sejarah pada babak-babak atau periode tertentu.

semoga membantu

Dalam sejarah Indonesia kita mengenal pembabakan zaman praaksara,zaman Hindu budha dan zaman islam. Pengelompokkan atau pembabakan peristiwa-peristiwa masa lampau yang sangat panjang menjadi beberapa zaman disebut​.

Jawaban:

"Periodisasi"

Penjelasan:

"Periodisasi berasal dari bahasa Yunani periode, yang berarti babak, masa atau zaman. Periodisasi adalah pengkelompokkan peristiwa-peristiwa sejarah ke dalam suatu babak, masa, zaman, atau periode tertentu berdasarkan ciri-ciri atau kriteria tertentu. Misalnya saja, berdasarkan regional. Dengan demikian, kita harus menentukan terlebih dahulu dasar pembagian periodisasi tersebut sebelum mulai membuatnya. Periodisasi dalam sejarah diperlukan karena penting bagi kita agar dapat mengadakan tinjauan secara menyeluruh terhadap peristiwa-peristiwa yang telah terjadI dan saling berhubungan dalam berbagai aspek. Contoh periodisasi dalam pembagian masa yaitu masa praaksara dan masa aksara yang dasar pembagiannya adalah mulai dikenalnya tulisan oleh manusia. Selain itu, pembagian masa Hindu Buddha dan masa Islam dibagi berdasarkan pengaruh kebudayaan."

Dalam sejarah Indonesia kita mengenal pembabakan zaman praaksara, zaman Hindu-Buddha dan zaman Islam. Pengelompokkan atau pembabakan peristiwa-peristiwa masa lampau yang sangat panjang menjadi beberapa zaman disebut ....

Dalam sejarah Indonesia kita mengenal pembabakan zaman praaksara, zaman Hindu-Buddha dan zaman Islam. Pengelompokkan atau pembabakan peristiwa-peristiwa masa lampau yang sangat panjang menjadi beberapa zaman disebut .... periodisasi

Pembahasan:

Periodisasi atau pembabakan adalah proses untuk melakukan penggolongan peristiwa dan waktu sejarah pada babak-babak atau periode tertentu. Faktor yang mendasari periodisasi ini biasanya adalah kesamaan yang dimiliki oleh kurun waktu tersebut.

Misalnya, Masa Pra Sejarah atau Masa Pra Aksara ditandai dengan belum adanya sistem tulis menulis pada peradaban manusia.

Periodisasi ini dapat berbeda-beda antara satu wilayah dengan wilayah lain.

Misalnya, sejarah Eropa dibagi menjadi masa Klasik (dari akhir masa Prasejarah hingga runtuhnya Kekaisaran Romawi Barat pada tahun 476), Abad Pertengahan (hingga runtuhnya Kekaisaran Romawi Timur akibat jatuhnya Konstantinople pada tahun 1453), Masa Rennaisans (abad ke 15 dan 16), Abad Pencerahan (Aufklarung atau Enlightenment, abad ke 17 dan 18), dan masa Modern (abad ke 19 hingga sekarang).

Sementara periodisasi sejarah Indonesia dibagi menjadi Masa Hindu-Budda (abad ke 5 hingga 15 Masehi), Masa Islam (abad ke 12 hingga 16), Masa Penjajahan Belanda (dari ahun 1605 hingga 1942), Masa Penjajahan Jepang (tahun 1942 hingga 1945), kemudian masa Kemerdekaan (1945 hingga sekarang).

Perbedaan periodisasi ini disebabkan karena perbedaan karktersestik atau ciri-ciri dari kurun waktu di setiap wilayah. Misalnya, di Indonesia abad ke 5 hingga 15 Masehi ditandai dengan berkembangnya kerajaan Hindu-Buddha seperti Mataram, Kediri, Sriwijaya dan Majapahit. Sementara pada masa yang sama, di Eropa berkembang kerajaan-kerajaan feodal dan tingginya pengaruh Gereja Katholik Roma.  

Pelajari Lebih Lanjut

Sebut dan jelaskan pembagian periodisasi dalam penulisan sejarah Indonesia!

https://brainly.co.id/tugas/13515728

Kode: 10.3.1  

Kelas: X  

Mata pelajaran: IPS / Sejarah  

Materi: Bab 1 - Cara Berpikir Sejarah  

Kata kunci: Periodisasi Sejarah  






Dalam sejarah indonesia kita mengenal pembabakan zaman praaksara,

Zaman praaksara ialah zaman dimana manusia belum mengenal aksara/huruf untuk mendokumentasikan kebudayaannya.

Dalam sejarah Indonesia kita mengenal pembabakan zaman Praaksara, zaman Hindu-Buddha dan zaman Islam. Pengelompokkan atau pembabakan peristiwa-peristiwa masa lampau yang sangat panjang menjadi beberapa zaman disebut … *

Jawaban:

Periodisasi

Penjelasan:

Semoga membantu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lukisan Hubungan Manusia Dengan Alam Khayal

Pertandingan Tenis Meja Berganda Dalam Satu Regu Paling Banyak Terdiri Dari ... Pemain.

Bu Rini Dan Pak Fauzi Mempunyai 3 Anak Yang Bernama Rizki, Eka Dan Rima. Rizki Menyukai