Berdasarkan Bukti Sejarah, Islam Masuk Ke Papua Pada Pertengahan Abad Ke-15. Jlaskan Teori Yang Mengatakan Proses Islami Di Papua Terutama Yang Dilakukan Di Pesisir Barat!

berdasarkan bukti sejarah, islam masuk ke papua pada pertengahan abad ke-15. jlaskan teori yang mengatakan proses islami di papua terutama yang dilakukan di pesisir barat!

bantuin yaa.. :)

Dari sumber-sumber Barat diperoleh catatan bahwa pada abad ke XVI sejumlah daerah di Papua bagian barat, yakni wilayah-wilayah Waigeo, Missool, Waigama, dan Salawati tunduk kepada kekuasaan Sultan Bacan di Maluku. Berdasarkan cerita populer dari masyarakat Islam Sorong dan Fakfak, agama Islam masuk di Papua sekitar abad ke 15 yang dilalui oleh pedagang–pedagang muslim. Perdagangan antara lain dilakukan oleh para pedagang–pedagang suku Bugis melalui Banda (Maluku Tengah) dan oleh para pedagang Arab dari Ambon yang melalui Seram Timur.Selain melalui jalur perdagangan, di daerah Merauke Islam dikenal melalui perantara orang-orang buangan yang beragama Islam, yang berasal dari Sumatera, Kalimantan, Maluku dan Jawa. Terdapat istilah yang populer di Merauke, yaitu "Jamer" (dari kata Jawa-Merauke), untuk menyebut orang-orang keturunan Jawa baik yang merupakan keturunan orang-orang yang dipindahkan pada zaman penjajahan Belanda ataupun keturunan penduduk program transmigrasi pada masa setelah kemerdekaan Indonesia.Proses Awal Islamisasi Di Papua[sunting | sunting sumber]Mengenai kedatangan Islam di Nusantara, terdapat diskusi dan perdebatan yang panjang di antara para ahli mengenai tiga masalah pokok yaitu mengenai tempat asal kedatangan Islam, para pembawanya, dan waktu kedatangannya.Tanah Papua secara geografis terletak pada daerah pinggiran Islam di Nusantara, sehingga Islam di Papua luput dari kajian para sejarahwan lokal maupun asing, kedatangan Islam di tanah Papua juga masih terjadi silang pendapat di antara pemerhati, peneliti maupun para keturunan raja-raja di Raja Ampat-Sorong, fak-fak, kaimana dan teluk Bintuni-Manokwari, di antara mereka saling mengklaim bahwa Islam lebih awal dating kedaerahnya yang hanya di buktikan dengan tradisi lisan tanpa didukung dengan bukti-bukti tertulis maupun bukti-bukti arkelogis.

MAAF KALO SALAH
maaf

Berdasarkan bukti sejarah islam sudah masuk ke papua pada pertengahan abad ke-15, apa bukti tersebut

Bukti sejarah yang menyebutkan bahwa islam telah masuk ke Papua pada abad yang ke 15 adalah catatan sejarah dari  kerajaan Tidore. Dalam catatan tersebut menyebutkan bahwa Sultn Ibnu Mansur menyerbarkan ajaran islam ke wilayah Papua pada tahun yang ke 1443 Masehi.

Pembahasan

Selain versi dari catatan sejarah kerajaan Tidore ada beberapa versi lainya yang menjelaskan tentang masuknya islam ke daerah Papua. Contoh versi lainnya adalah versi Arab yang menyebutkan bahwa masuknya islam ke Papua yaitu kawaan Fakfak pada abad yang ke 16.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang sejarah islam di Papua https://brainly.co.id/tugas/103072

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Berdasarkan bukti sejarah islam sudah masuk ke papua pada pertengahan abad ke.....

Jawaban:

15

Penjelasan:

Berdasarkan bukti sejarah, Islam sudah masuk ke Papua pada pertengahan abad ke-15. Teori yang mengatakan proses Islamisasi di Papua terutama yang dilakukan di pesisir barat adalah dipengaruhi oleh kerajaan-kerajaan Islam di Maluku (Bacan, Ternate dan Tidore). Hal ini didukung karena faktor letaknya yang strategis, yang merupakan jalur perdagangan rempah-rempah (spices road) di dunia. Sumber sejarah Kesultanan Tidore menyebutkan bahwa pada tahun 1443 Sultan Ibnu Mansur (Sultan Tidore X atau Sultan Papua I) memimpin ekspedisi ke daratan tanah besar (Papua) yang pada perkembangannya berdiri empat kerajaan di Kepulauan Raja Ampat tersebut, yakni Kerajaan Salawati, Kerajaan Misool atau Kerajaan Sailolof, Kerajaan Batanta, dan Kerajaan Waigeo.

berdasarkan bukti sejarah, islam sudah masuk ke papua pada pertengahan abad ke-15. teori yang mengatakan proses islamisasi di papua terutama dipesisir barat disebabkan oleh

ketidaknyamanan masyarakat papua terhadap aturan islam

Berdasarkan bukti sejarah, Islam sudah masuk ke Papua pada pertengahan abad ke-15. Teori yang mengatakan proses Islamisasi di Papua terutama di pesisir barat disebarkan oleh​

Jawaban:

teori yang mengatakan bahwa Islam di Papua berasal dari Maluku

*Sumber sejarah Kesultanan Tidore menyebutkan bahwa pada tahun 1443 Sultan Ibnu Mansur (Sultan Tidore X atau Sultan Papua I) memimpin ekspedisi ke daratan tanah besar (Papua).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lukisan Hubungan Manusia Dengan Alam Khayal

Pertandingan Tenis Meja Berganda Dalam Satu Regu Paling Banyak Terdiri Dari ... Pemain.

Bu Rini Dan Pak Fauzi Mempunyai 3 Anak Yang Bernama Rizki, Eka Dan Rima. Rizki Menyukai