Jelaskan Lembaga Keuangan Yang Bergerak Dibidang Perbankan

jelaskan lembaga keuangan yang bergerak dibidang perbankan

Lembaga keuangan yang bergerak dibidang perbankan adalah lembaga keuangan yang bertugas mengumpulkan dana dari masyarakat kemudian menyalurkannya kembali kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pembahasan

Bank merupakan lembaga keuangan yang bertugas mengumpulkan dana dari masyarakat yang memiliki kelebihan dana, kemudian menyalurkannya kembali kepada masyarakat yang membutuhkan dana tanpa mereka saling mengenal.

Kehidupan ekonomi, ilmu pengetahuan dan juga teknologi sudah membawa kita ke posisi dimana masyarakat dan bank tidak dapat dipisahkan, bukan hanya layan perbankan seperti simpan pinjam yang digunakan oleh masyarakat, namun dengan layanan perbankan perputaran uang dapat dilakukan dengan cepat dan sistem pembayaran dapat berjalan dengan lancar.

Saat ini baik lembaga keuangan perbankan maupun lembaga keuangan non perbankan harus melalui regulasi khusus, hal ini dilakukan pemerintah untuk melindungi para konsumen, OJK atau Otoritas Jasa Keuangan menjadi salah satu lembaga negara yang bertugas mengawasi kegiatan perbankan dan kesehatan bank ditanah baik, baik bank lokal maupun bank swasta asing.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang institusi jasa keuangan yang diawasi otoritas jasa keuangan brainly.co.id/tugas/17299954

2. Materi tentang lembaga keuangan brainly.co.id/tugas/1254346

3. Materi tentang produk-produk bank https://brainly.co.id/tugas/21106123

------------------------------------

Detil Jawaban

Kelas : IX (3 SMP)

Mapel : IPS

Bab : Uang dan Lembaga Keuangan Lainnya

Kode : 9.10.6

Kata Kunci : Lembaga keuangan, Pebankan, bank.

jelaskan lembaga keuangan yang bergerak di bidang perbankan di indonesia ​

Lembaga keuangan yang bergerak dibidang perbankan adalah suatu badan usaha yang bergerak di bidang keuangan dimana kegiatannya menghimpun dana dari masyarakat secara langsung dan memberikan berbagai jasa keuangan kepada masyarakat luas.

Penjelasan:

jelaskan lembaga keuangan yang bergerak di bidang perbankan

Pengertian Lembaga Keuangan

Menurut UU No. 792 Tahun 1999 adalah semua badan yang kegiatannya di bidang keuangan, melakukan penghimpunan serta penyaluran dana kepada masyarakat terutama guna membiayai investasi perusahaan. Dalam pengertian lain disebutkan pengertian lembaga keuangan adalah perantara bagi pihak yang memiliki kelebihan dana dengan pihak yang kekurangan dana. (Defisit of Funds)

Semoga membantu

Jelaskan lembaga keuangan yang bergerak di bidang perbankan

ecara umum lembaga keuangan merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan, menghimpun dana, menyalurkan dana atau kedua-duanya. Sedangakan menurut UU Perbankan No.14/1967, pasal 1 ayat b menyatakan bahwa yang dimaksud dengan Lembaga Keuangan adalah Semua badan yang melakukan kegiatan-kegiatan dibidang keuangan yaitu menghimpun dana dan menyalurkannya ke masyarakt.

Jelaskan lembaga keuangan yang bergerak di bidang perbankan

Lembaga Keuangan Bank

Bank Sentral
Bank Umum (bank komersial)
Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lukisan Hubungan Manusia Dengan Alam Khayal

Pertandingan Tenis Meja Berganda Dalam Satu Regu Paling Banyak Terdiri Dari ... Pemain.

Bu Rini Dan Pak Fauzi Mempunyai 3 Anak Yang Bernama Rizki, Eka Dan Rima. Rizki Menyukai