Jelaskan Pengertian Biaya Oportunitas

Jelaskan pengertian biaya oportunitas

biaya opportunitas atau biaya peluang adalah biaya yang di korbankan saat menentukan suatu pilihan misalnnya seorang ibu di tawarkan untuk bekerja sebagai kasir di sebuah tokoh dengan biaya 100.000 dan pada saat yang samadia juga di tawarkan pekejaan menjadi baby siter dengan biaya misalnya 50.000 dan yang di ambil oleh ibu ini adalah menjasi kasir, dengan demikian biaya peluangnnya adalah 50.000 karena dia tidak memilih menjasi baby siter.

jelaskan perbedaan biaya oportunitas dengan biaya sehari hari?

Perbedaan biaya oportunitass dengan biaya sehari-hari

apabila dilakukan sebuah analogi, pada setiap manusia biasanya mendapatkan beberapa pilihan yang dimana akan hadir kedalam hidupnya sendiri. Apabila diberikan sebuah contoh cerita, kita sebagai siswa SMA diseatu hari maka akan menyelesaikan studi SMA kita dan akan segera untuk mempersiapkan kepada dua jenis kebutuhan, baik itu kebutuhan untuk mencari sebuah pekerjaan dikarenakan sebuah tuntutan ekonomi, dan apabila beruntung maka akan mencari pendidikan tambahan di perguruan tinggi. Kemudian, apabila kita memfokuskan diri kepada pekerjaan maka pekerjaan, maka biasanya kita akan dihadapkan antara dua perusahaan yang dimana sama-sama disukai dengan adanya kelebihan dan kekurangan di masing-masing tempat. Kemudian, apabila kita mengambil pendidikan lanjutan, maka kita akan dihadapkan untuk memilih berbagaimacam perguruan tinggi yang diinginkan. Apabila dari kedua contoh tersebut kemudian dari seorang manusia tersebut memilih sebuah keputusan yang dimana dibulatkan dan kemudian menolak berbagaimacam pilihan lainnya, maka pilihan tersebut kemudian disebut dengan biaya peluang yang dimana harus ditanggung oleh pemilih tersebut. Biaya peluang sendiri merupakan sebuah hal yang dimana dikorbankan guna untuk dilepaskan oleh seseorang dengan beberapa piluhan lainnya.

Kemudian, dengan contoh lainnya adalah biaya sehari-hari yang dimana dalam kehidupan kita pasti akan membutuhkan sebuah kebutuhan primer agar hal tersebut dapat terpenuhi guna unutk melakukan penunjangan terhadap kehidupan sehari-hari. Kemudian, dengan adanya hal tersebut kemudian pasti ada biaya dimana harus dikorbankan dan dikeluarkan agar kebuthan tersebut terpenuhi. Biaya sehari-hari kemudian adalah sebuah biaya yang dimana digunakan untuk memenuhi kebutuhan primer yang tidak dapat diganti dengan kebutuhan lainnya.

Kesimpulan: Pada biaya peluang adalah salah satu biaya yang dimana sebaiknya dilakukan sebuah pengorbanan agar mendapatkan berbagaimacam kepentingan lainnya. Biaya sehari-hari adalah kebutuhan yang dimana harus didapatkan oleh seseorang guna untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Pelajari lainnya:

- Biaya konversi terdiri https://brainly.co.id/tugas/9922361

- Biaya produksi suatu komoditas akan mempengaruhi https://brainly.co.id/tugas/9715601

- Siapa yang menyatakan defisini dari biaya peluang https://brainly.co.id/tugas/923216

Kelas : 10

Mapel : Ekonomi

Kategori : Bab 1 - Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya

Kata Kunci : Biaya, Oportunitas, Sehari-hari

Kode : 10.12.1

Jelaskan apa yang dimaksud dengan biaya oportunitas! ​

Penjelasan:

Biaya opportunitas adalah biaya yang dikorbankan untuk menggunakan sumber daya bagi tujuan tertentu, yang diukur dengan manfaat yang dilepasnya karena tidak digunakan untuk tujuan lain. Dengan kata lain, diukur dengan satuan barang yang seharusnya bisa diperoleh

jelaskan yang dimaksud dengan biaya oportunitas

biaya yang timbul akibat dari manusia melakukan pilihan dari berbagai alternatif pilihan yang ada

Jelas perbedaan biaya oportunitas dengan biaya sehari hari?

Biaya peluang (Opportunity Cost) adalah nilai barang atau jasa yang di korbankan karena alternatif tindakan.

Biaya peluang ini muncul karena sumber daya yang sifatnya terbatas sehingga manusia harus menentukan pilihan dalam memenuhi kebutuhannya yang berdasarkan skala prioritasnya.

Biaya peluang tidak selalu berhubungan dengan uang. Namun juga tentang waktu, kesenangan, keuntungan di masa depan, dan lain sebagianya.

⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀

Contoh soal:

Nurfadilah merupakan seorang tenaga kerjadengan gaji Rp3.500.000 per bulan. Apabila Nurfadilah memilih menjadi wirausaha, maka biaya peluang yang dikorbankan adalah...

Jawaban: Rp3.500.000

Karena biaya peluang adalah biaya yang dikorbankan Nurfadilah untuk alternatif lain yaitu wirausaha.

⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀

⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀

Detail tambahan:

Mapel⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ : Ekonomi

Kelas⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀: 10

Materi⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ : Bab 1 - Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya

Kata Kunci⠀⠀⠀⠀⠀ : Ilmu Ekonomi, Biaya peluang

Kode soal⠀⠀⠀⠀⠀⠀: 12

Kode Kategorisasi : 10.12


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lukisan Hubungan Manusia Dengan Alam Khayal

Pertandingan Tenis Meja Berganda Dalam Satu Regu Paling Banyak Terdiri Dari ... Pemain.

Bu Rini Dan Pak Fauzi Mempunyai 3 Anak Yang Bernama Rizki, Eka Dan Rima. Rizki Menyukai