Cara Mencari BOP Biaya Produksi

cara mencari BOP biaya produksi

Ada tiga penggolongan biaya overhead pabrik :
1. Penggolongan biaya overhead pabrik menurut sifatnya
Biaya overhead pabrik adalah biaya produksi selain biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung . Biaya – biaya produksi yang termasuk dalam biaya overheaad pabrik dikelompokkan menjadi beberapa golongan :
a. Biaya bahan penolong adalah bahan yang tidak menjadi bagian produk jadi atau bahan yang meskipun menjadi bagian produk jadi tetapi nilainya relatif kecil bila dibandingkan dengan harga pokok produksi tersebut.
b. Biaya reparasi dan pemeliharaan berupa biaya suku cadang , biaya bahan habis pakai dan harga perolehan jasa dari pihak luar perusahaan untuk keperluan perbaikan dan pemeliharaan emplasemen , perumahan , banguna pabrik dan aktiva tetap lainnya yang digunakan untuk keperluan pabrik.
c. Biaya tenaga kerja tidak langsung adalah tenaga kerja pabrik yang upahnya tidak dapat diperhitungkan secara langsung kepada produk ata pesanan tertentu.Terdiri dari upah , tunjangan dan biaya kesejahteraan . Tenaga kerja tidak langsung terdiri dari 1) karyawan yang bekerja dalam departemen pembantu ( departemen pembangkit listrik ). 2) Karyawan tertentu yang bekerja dalam departemen produksi ( Kepala departemen produksi , mander )
d. Biaya yang timbul sebagai akibat penilaian terhadap aktiva tetap antara lain biaya- biaya depresiasi emplasemen pabrik , banguna pabrik, mesin dan peralatan , dan aktiva tetap lain yang digunakan di pabrik.
e. Biaya yang timbul sebagai akibat berlalunya waktu. Biaya yang termasuk dalam kelompok ini antara lain biaya asuransi gedung dan emplasemen, asuransi mesin dan peralatan , asuransi kecelakaan karyawan.
f. Biaya overhead pabrik lain yang secara langsung memelukan pengeluaran uang tunai. Biaya yang termasuk kelompok ini adalah biaya reparasi yang diserahkan kepada piihak luar perusahaan , biaya listrik PLN dan sebagainya.
2. Penggolongan biaya overhead pabrik menurut perilakunya dalam hubungan dengan perubahan volume produksi.
Biaya overhead pabrik dapat dibagi tiga golongan : 1) biaya overhead pabrik tetap adalah biaya overhead pabrik yang tidak berubah dalam kisar perubahan volume kegiatan tertentu. 2) biaya overhead pabrik variabel adalah biaya overhead pabrik yang berubah sebanding dengan perubahan volume kegiatan . 3) biaya overhad pabrik semi variabel adalah biaya overhead pabrik yang berubah tidak sebanding denga perubahan volume kegiatan.
3. Penggolongan biaya overhead pabrik menurut hubungannya dengan departemen
Departemen- departemen yang ada dalam pabrik , biaya overhead pabrik dapat digolongkan menjadi dua kelompok : 1) biaya overhead pabrik langsung departemen adalah biaya overhead pabrik yang terjadi dalam departemen tertentu dan manfaatnya hanya dinikmati oleh departemen tersebut ( contoh : gaji mandorr departemen produksi , biaya depresiasi mesin dan biaya bahan penolong ) . 2) biaya overhead pabrik tidak langsung departemen adalah biaya overhead pabrik yang manfaatnya dinikmati oleh lebih dari satu departemen ( contoh : biaya depresiasi , pemeliharaan asuransi gedung pabrik yang digunakan oleh beberapa departemen produksi )

bagaimana cara menghitung biaya BOP?

BOP= biaya bahan pembantu+biaya tenaga kerja tidak langsung+biaya tidak langsung lain-lain.
pokoknya biaya-biaya yang belakangnya ada kata 'pabrik' itu BOP. biasanya begitu.

Diketahui, biaya variabel rp. 500.000,00 , biaya

tetap rp. 200.000,00 , biaya bahan baku rp. 400.000,00 , biaya tenaga kerja

langsung rp. 50.000,00 , bop tetap rp. 25.000,00 , bop variabel rp. 30.000,00 .

hitunglah besarnya hpp dengan menggunakan metode penghitungan full costing !

Diketahui :

• biaya tetap : Rp. 200.000

• biaya bahan baku : Rp. 400.000

• biaya tenaga kerja langsung : Rp. 50.000

• BOP tetap : Rp. 25.000

• BOP variabel : Rp. 30.000

Ditanya: HPP menggunakan full costing

Jawab :

*full costing adalah menghitung HPP secara keseluruhan.

Rp. 200.000

Rp. 400.000

Rp. 50.000

Rp. 25.000

Rp. 30.000

___________ +

Rp. 705.000

Jadi, HPP dengan full costing adalah Rp. 705.000,00

Contoh BOP variable sebagai berikut kecuali biaya​

Jawaban:

biaya reparasi dan pemeliharaan

jelaskan biaya bop dan contohnya

PENGERTIAN BIAYA OVERHEAD PABRIK

Biaya overhead pabrik (manufacturing overhead costs) adalah biaya produksi yang tidak masuk dalam biaya bahan baku maupun biaya tenaga kerja langsung. Apabila suatu perusahaan juga memiliki departemen-departemen lain selain departemen produksi maka semua biaya yang terjadi di departemen pembantu tersebut (termasuk biaya tenaga kerjanya) dikategorikan sebagai biaya overhead pabrik. Biaya overhead pabrik biasanya muncul dari biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk pemakaian bahan tambahan, biaya tenaga kerja tak langsung, pengawasan mesin produksi, pajak, asuransi, hingga fasilitas-fasilitas tambahan yang diperlukan dalam proses produksi.

PENGGOLONGAN BIAYA OVERHEAD PABRIK

Sebelum menentukan anggaran biaya overhead pabrik, kita harus bisa menggolongkan biaya overhead pabrik terlebih dahulu. Dengan adanya penggolongan, kita akan lebih mudah dalam menentukan seberapa besar anggaran yang perlu disisihkan sebagai anggaran biaya overhead pabrik sesuai dengan usaha di perusahaan kita. Biaya overhead pabrik dapat digolongkan ke dalam tiga kriteria, yakni:

1. Penggolongan biaya overhead pabrik menurut sifatnya

Berdasarkan sifatnya, biaya overhead pabrik dapat dibagi menjadi:

a. Biaya bahan penolong

Bahan penolong yang dimaksud dalam hal ini adalah bahan yang tidak menjadi bagian dari hasil produksi atau bahan yang nilainya relatif kecil dibandingkan harga keseluruhan produk.

b. Biaya tenaga kerja tak langsung

Tenaga kerja tak langsung yang dimaksud dalam biaya overhead pabrik adalah tenaga kerja perusahaan yang upahnya tidak dapat diperhitungkan secara langsung kepada produk.

c. Biaya reparasi dan pemeliharaan

Biaya reparasi dan pemeliharaan yang dimaksud dalam biaya overhead pabrik adalah biaya suku cadang (spareparts), biaya bahan habis pakai (factory supplies), dan harga jasa yang perlu dikeluarkan perusahaan untuk keperluan perbaikan dan pemeliharaan mesin produksi, kendaraan, dan alat-alat perusahaan lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lukisan Hubungan Manusia Dengan Alam Khayal

Pertandingan Tenis Meja Berganda Dalam Satu Regu Paling Banyak Terdiri Dari ... Pemain.

Bu Rini Dan Pak Fauzi Mempunyai 3 Anak Yang Bernama Rizki, Eka Dan Rima. Rizki Menyukai