MATERI PJJ SENI BUDAYA KLS 9/SEMESTER GANJIL 2021-2022.

MATERI PJJ SENI BUDAYA KLS 9/SEMESTER GANJIL 2021-2022.
BAB I SENI LUKIS
A. PENGERTIAN SENI LUKIS
Ada berbagai pengertian seni Lukis menurut beberapa ahli , yaitu :
[1]Menurut Soedarso, Sp (1990:11) mendefenisikan melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan datar dari objek tiga dimensi untuk mendapatkan kesan tertentu dengan melibatkan ekpresi,emosi dan gagasan pencipta secara penuh.Sehingga sebuah lukisan harus dapat menerjemahkan apa yang ada dalam objek ,tema atau gagasan secara representative.
[2]Menurut B.S.Mayers mendefenisikan seni Lukis adalah membubuhkan cat (yang kental maupun yang cair)di atas permukaan yang datar,yang ketebalannya tidak ikut diperhitungkan,sehingga karya itu disebut karya dua dimensi.Berbagai konfigurasi (kesan) yang dieroleh dari pembubuhan catdiharapkan dapat mengekspresikan berbagai makna atau nilai subjektif.
[3]Menurut Sunanto Yuliman mendefenisikan seni Lukis adalah proses melahirkan pikiran,gagasan atau angan-angankedalam gubahn rupa yang indah atau yang memuaskan penglihatan.Gubahan itu dibuat dengan mencoretkan garis yang mengoleskan warna atau dengan mengukir dikerjakan dengan alat yang digenggam atau dijepit diantara dua jari.
[4]Menurut Dharsono Sony Kartika mendefenisikan seni Lukis merupakan ungkapan pengalaman estetika seseorang (seniman)yang dituangkan dalam bidang dua dimensi (dua matra) dengan menggunakan medium rupa,yaitu garis,warna,tekstur,bangun(shape) dsb.Medium rupa sendiri dapat dijangkau melalui berbagai jenis material,seperti tinta, cat (pigmen) dan berbagai aplikasi yang memberi kemungkinan untuk mewujudkan medium rupa.
[5]Secara Umum seni Lukis adalah sebuah pengembangan dari menggambar biasanya memiliki keunikan atau ciri khas tersendiri.Ciri khas ini didasarkan pada tema, corak/gaya,tekhnik/bahandan bentuk karya seni tersebut.
[6]Menurut pendapatmu sendiri…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
B. TUJUAN BERKARYA SENI LUKIS
1. Tujuan Religius
Lukisan dapat mendekatkan diri dengan Sang pencipta sebagai pelindung,penjaga dan pengampun dosa.
2.Tujuan Kritik Sosial
Kesenjangan sosial,peristiwa politik, etidak berdayaan serta perilaku kehidupan lain yang terjadi dalam masyarakatbisa menjadi ide dalam berkarya senilukis.Objek lukisannya bisa dengan symbol-simbol atau perumpamaan yang bisa dikaitkan dengan peristiwa.Kritik yang disampaikan berupa bentuk-bentuk kritik yang bersinggungan dengan pemerintah,Lembaga sosial maupun kepada pemegang kekuasaan setempat.
3. Tujuan Ekspresi
Lukisan menjadi media ekspresi dan juga media mencurahkan emosi /perasaan.Coretan garis dan warna merupakan perwujudan dari dorongan emosi dan gejolak jiwa pelukisnya.
4.Tujuan Komersil
Lukisan yang diperjualbelikan.Gaya lukisannnya cenderung mengikuti selera pasar.

C. ALIRAN GAYA LUKISAN
Untuk materi ini silahkan kalian ambil ringkasannya dari buku paket elektronik,halaman 4-7!

D. TUGAS
Tuliskan hasil pengamatan gambar dalam bagan halaman 3.

TOLONG JAWAB!!!​

Jawaban:

Terlalu Panjang Soalnya

Bingung Mau Jawab Yang Mana

Penjelasan:

hehee

Tuliskan tiga pengertian keindahan menurut para ahli

Jawaban:

Di bawah ini terdapat beberapa pandangan atau pendapat dari para ahli tentang pengertian seni ialah, sebagai berikut:

Menurut Sulzer

Dari hal yang indah itu hanya hal yang baik. Bila belum baik, maka hasilnya belumlah indah. Dengan keindahan hati bisa menanamkan perasaan moral. Jadi bila ciptaan moral tidak indah, hal tersebut dikarenakan tidak dapat menggunakan hati untuk pupuk moral.

Menurut Leo Tolstoy dari Rusia

Pada bahasa Rusia ada istilah yang mengungkapkan keindahan yakni krasota, kata ini berarti that which pleases the sigh yang artinya sesuatu yang akan datangkan rasa yang menyenangkan untuk seseorang yang melihat dengan organ visualnya. Rusia tidak memiliki arti keindahan dalam hal musik. Namun bagi bangsa Rusia hal indah ini hanya yang bisa dilihat oleh mata.

Jadi dari pendapat Leo Tolstoy, keindahan merupakan sesuatu yang akan mendatangkan rasa bahagia ataupun menyenangkan jika dilihat melalui mata.

Menurut Alexander Baurngarten dari Jerman

Sementara bagi Alexander Baurngarten keindahan itu dilihat secara menyeluruh yang mana memiliki susunan teratur dalam bagian-bagiannya, di mana bagian-bagian ini satu dan lainnya saling berhubungan dan juga secara keseluruhan.

Menurut Winchelman

Dalam keindahan itu bisa terlepas seluruhnya daripada suatu kebaikan.

Menurut Shaftesbury dari Jerman

Hal yang indah merupakan sesuatu yang mempunyai proporsi harmonis. Karena yang perimbangan yang harmonis itu nyata, sebab itu keindahan ini bisa disamakan pada kebaikan. Sesuatu yang indah ialah sesuatu yang nyata dan hal yang nyata merupakan suatu hal yang baik.

Menurut Humo dari Inggris

Adapun keindahan bagi Humo dimana beliau merupakan seorang ahli dari Inggris, keindahan ialah sesuatu yang bisa hadirkan atau datangkan rasa senang.

Menurut Hemsterhuis fari Belanda

Sementara hal yang indah bagi Hemsterhuis fari yakni sesuatu hal yang akan paling banyak hadirkan rasa bahagia atau senang dan ini merupakan dalam waktu sesingkat namun dapat memberikan paling banyak pengamatan yang menyenangkan ditelusuri.

Menurut Emmanuel Kant

Bagi Emmanuel Kant dalam meninjau keindahan dilihat pada 2 segi. Adapun segi tersebut yakni sisi subjektif dan segi arti objektif.

secara subjektif

Keindahan ini yaitu sesuatu yang bila tanpa sangkut paut dan juga tanpa direnungkan dengan fungsi yang praktis, tetapi dapat membawa rasa senang bagi seseorang yang menghayati.

secara objektif

Keindahan terlihat pada keserasian dan sebuah objek pada tujuan yang terkandung didalamnya, sejauh objek tersebut tak ditinjau pada sisi kegunaannya.

Menurut Al-Ghazzali

Adapun keindahan menurut Al-Ghazzali adalah suatu benda yang berada dalam wujud dan hal kesempurnaan, dan hal yang bisa dikenali lagi dan hal itu sesuai pada sifat benda tersebut. Bagi tiap benda pastinya ada perfeksi atau kesempurnaan yang berkarakteristik. Adapun hal-hal yang berlawanan dari itu dapat dilihat dalam kondisi tertentu, menggantikan suatu karakteristik kesempurnaan dari benda lain.

Jika semua sifat itu mungkin berada di dalam benda tertentu adalah representasi dari keindahan bernilai yang sangat tinggi; jika hanya sebagian saja yang ada, maka benda ini memiliki nilai keindahan yang sebanding dengan nilai pada keindahan yang ada di dalamnya.

Penjelasan:

PILIH AJA

SEMOGA MEMBANTU

JADIKAN JAWABAN TERBAIK DAN TERCERDAS YAA

1.jelaskan secara singkat
pengertian keindahan
2. tuliskan tiga
pengertian keindahan
menurut para ahli
3. jelaskan pengertian
estetika
4. jelaskan apa yang
dimaksud dengan
kontemplasi
5. jelaskan apa yangg
dimaksud ekstansi​

Jawaban:

1. Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan.

2. Menurut John Dewey keindahan adalah suatu hal yang berkaitan dengan pengalaman, tetapi tidak semua pengalaman bersifat estetis. Menurut Plato keindahan adalah watak yang indah adalah hukum yang indah. Menurut J.W. Moris keindahan adalah dikenakan pada objek yang memilki nilai indah atau tidak indah .

3. estetika ialah suatu cabang ilmu filsafat yang membahas tentang keindahan dan biasanya terdapat didalam seni dan alam semesta.

4. Kontemplasi adalah dasar dalam diri manusia untuk menciptakan sesuatu yang indah yang merupakan suatu proses bermeditasi merenungkan atau berpikir penuh dan mendalam untuk mencari nilai-nilai, makna, manfaat dan tujuan atau niat suatu hasil penciptaan.

5. Ekstansi adalah dasar dalam diri manusia untuk menyatakan, merasakan dan menikmati sesuatu yang indah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lukisan Hubungan Manusia Dengan Alam Khayal

Pertandingan Tenis Meja Berganda Dalam Satu Regu Paling Banyak Terdiri Dari ... Pemain.

Bu Rini Dan Pak Fauzi Mempunyai 3 Anak Yang Bernama Rizki, Eka Dan Rima. Rizki Menyukai